breaking news New

Beberapa Informasi Seputar Studi di Belanda

Kuliah di Belanda Kuliah di Belanda

Sebelum masuk ke berbagai hal yang bersifat akademik, marilah kita menengok beberapa plus-minus ketika tinggal di Negeri Kincir Angin ini. Berikut penjelasannya.

Tempat Tinggal

Plus:

Ada banyak variasi tempat tinggal yang tersedia dan dapat dipilih oleh pelajar; mulai dari asrama kampus, apartemen, homestay, hingga menyewa rumah sendiri.

Minus:

Harga sewa rumah di Belanda sedikit lebih mahal dari negara-negara lain di Eropa. Jika kamu berencana untuk tinggal di luar kampus, pastikan untuk melakukan booking tempat tinggal jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini karena persaingan untuk menyewa rumah di Belanda terbilang sangat tinggi.

Gaya Hidup

Plus: Masyarakat Belanda suka bersenang-senang, hangat, dan sering mengadakan berbagai festival. Hal ini tentunya cocok untuk kamu yang ingin bergaul dengan warga lokal, karena mereka cenderung lebih mudah didekati.

Minus:

Karena banyaknya festival-festival yang berlangsung di tempat-tempat publik, terkadang efek setelah acara-acara tersebut bisa membuat jengkel. Sampah-sampah berceceran, plastik dan kertas-kertas sisa perayaan juga berserakan dan membuat kota terlihat kotor.

Keamanan

Plus:

Belanda dikenal sebagai salah satu negara paling aman di dunia. Tingkat kriminalitas di negara ini sangatlah rendah, bahkan lebih rendah daripada di Inggris atau Amerika Serikat. Kamu bisa merasa aman berjalan sendirian di malam gelap, tanpa takut mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Minus:

Terkadang ada pengendara sepeda yang seenaknya sendiri. Mereka mengendarai sepedanya dengan kecepatan tinggi, tanpa memakai helm, dan terkadang tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Karakteristik Masyarakat

Plus:

Masyarakat Belanda adalah masyarakat yang sangat toleran, jauh lebih terbuka ke orang asing daripada masyarakat di Jerman atau Perancis. Mereka tidak segan-segan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris, dan tidak membeda-bedakan orang ke golongan tertentu.

Minus:

Masyarakat Belanda sangat to the point. Bagi kamu yang belum terbiasa dengan hal ini, sikap tersebut mungkin terkesan kasar.

Faktor-faktor lain yang mungkin membuat kamu sedikit kurang nyaman tinggal di Belanda adalah cuaca yang sukar diprediksi.

Terkadang, satu hari sangat cerah dan indah, namun hari berikutnya sangat gelap dan diisi hujan deras. Selain itu, kemacetan di kota-kota besar juga sering membuat frustrasi, apalagi jika kamu harus buru-buru masuk kampus.

Budaya barat, terutama Belanda bisa dikatakan sangat berbeda dengan Indonesia. Banyak orang yang mengalami culture shock setelah tinggal di Belanda beberapa bulan. Apalagi buat kita yang belum pernah menginjakkan kaki di luar negeri, alias jago kandang. Nah, hal-hal semacam ini (baca: culture shock) bisa kita manage dan prepare dengan baik, jika kita mempelajari dulu budaya Belanda. Istilahnya supaya lebih siap mental.

Secara umum, karakteristik orang Belanda adalah sebagai berikut:

  • Tidak malu ketika menyampaikan opini dan kritik.
  • Tertutup, kecuali kepada orang yang sudah akrab dengannya.
  • Individualis, lebih suka bekerja secara mandiri.
  • Suka menolong orang lain, apalagi untuk pelajar.
  • Sangat menghargai waktu.

Namun, jika dari segi budaya sangatlah berbeda dengan Indonesia, lain halnya dengan persoalan makanan. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai makanan khas Indonesia di Belanda. Sebut saja mi instan produk Indonesia, bumbu masak dari Indonesia, dan lainnya. Hal ini tentu akan sangat membantu kamu ketika merasa kangen dengan Indonesia.

Menurut beberapa sumber yang dihimpun, banyaknya makanan khas Indonesia di Belanda tidak bisa lepas dari status Belanda yang dahulu pernah menjajah Indonesia.

Sehingga para penjajah yang lama tinggal di Indonesia, kemudian membawa makanan-makanan dari Indonesia, dan sampai sekarang sudah banyak sekali makanan Indonesia di Belanda.

Iklim

Arah angin di Belanda ialah menuju barat daya yang menyebabkan iklim Belanda seringkali tidak menentu atau sering disebut ‘wisselvallig weer’. Meski penduduk Belanda sudah terbiasa dengan hujan, namun iklim dan cuaca di Belanda mudah berubah ubah. Jadi lebih aman jika kamu selalu membawa jaket di musim panas sekalipun, dan payung lipat untuk mengantisipasi cuaca Belanda yang tidak menentu.

Biaya Hidup

Biaya hidup (living cost) di Belanda tergolong moderat dibandingkan wilayah Eropa yang lain. Kemudahan mencari bahan makanan Indonesia menjadi sebuah keuntungan yang tidak didapatkan di negara Eropa lainnya. Seringkali malah mahasiswa Indonesia yang di Jerman pergi ke Belanda hanya untuk beli bumbu nasi goreng atau kecap Indonesia. Komponen biaya hidup di Belanda sebagai mahasiswa dapat dijabarkan sebagai berikut:

a. Akomodasi (tempat tinggal)

Harga rata-rata akomodasi di Belanda adalah sekitar 4000-4800 euro per tahunnya, atau sekitar 60 juta rupiah. Untuk info kamar bisa kamu lihat situs kamernet.nl atau kamertje.nl.

b. Makan

Perhitungan biaya untuk makan di Belanda pada umumnya adalah sekitar 4,000 euro per tahun. Cara menghemat untuk urusan perut ini adalah, dengan memasak sendiri.

c. Buku

Pembelian buku bisa mencapai 700 euro atau 60 euro perbulannya. Namun, banyak mahasiswa yang dapat melakukan penghematan dengan membeli buku-buku second-hand, dari para senior maupun meminjam melalui fasilitas perpustakaan di kampus.

d. Asuransi

Asuransi bisa dikatakan sangat penting di Belanda. Hal ini juga tertuang dalam ketentuan ketika kamu akan mendaftar visa, dokumen keikutsertaan asuransi juga menjadi komponen yang wajib ada. Biayanya sekitar 550 euro untuk satu tahun.

e. Transportasi

Sepeda adalah alat transportasi utama di Belanda meskipun ada trem, bus, ataupun metro. Harga sepeda second-hand berkisar antara 50-150 euro.

Bahasa

Bahasa Belanda tetap menjadi bahasa utama di Negara kincir angin tersebut. Namun jangan khawatir karena mayoritas masyarakat Belanda juga pintar berbahasa Inggris yang menjadi bahasa kedua mereka.

KBRI di Belanda

Jika kamu berencana untuk berkunjung atau kuliah di Belanda, sangat dianjurkan untuk menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda. Berikut ini adalah alamatnya:

  • Address: Tobias Asserlaan 8, 2517 KC The Hague, Netherlands
  • Phone: +31 70 310 8100
  • Email: unitkom@indonesia.nl
  • Website : http://ina.indonesia.nl/

Pendidikan di Belanda

Belanda dengan lokasinya yang strategis merupakan gerbang menuju Eropa dan merupakan pusat bisnis dan politik internasional. Belanda menawarkan pengalaman hidup multikultural, pendidikan berkualitas dengan biaya yang terjangkau dan juga beragam program yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Mahasiswa internasional akan mengalami sistem pendidikan interaktif dan studi bersama saat kuliah di Belanda.

Dikutip dari beberapa sumber dan penambahan secukupnya.